Oleh: Helmi | 3 Oktober 2014

Jadilah MURIDNYA GURU bukan Muridnya Buku

PENDAHULUAN

Murabbi adalah istilah tarbiyah untuk menyebut pada seseorang yang menyelenggarakan dan bertanggungjawab atas proses tarbiyah suatu kelompok. Ia berperan penting sebagai pengawal regenerasi kader-kader dakwah. Ia pula yang bertanggungjawab melakukan proses tarbiyah, yaitu pembentukan pribadi dan pewarisan nilai, disertai kontrol dan evaluasi.

Ada pepatah mengatakan, “Jadilah muridnya guru, bukan muridnya buku”. Proses pembelajaran atau tarbiyah tidak cukup dengan membaca buku saja. Buku memang mampu memberikan wawasan dan pengetahuan, tapi buku tidak bisa diajak berdiskusi. Buku tidak akan pernah tahu apakah pembacanya keliru menangkap isi tulisannya atau tidak. Pun dengan membaca buku saja kita tidak bisa dikatakan sebagai murid dari si pengarang buku tersebut. Maka haruslah ada orang yang mengawal proses pemahaman tersebut. Peran itu diampu oleh murabbi.

Tujuan tarbiyah memang tetap, namun metode dan teknik membina semakin beragam dan kaya. Belum lagi sarana dan prasarana yang kini kian lengkap. Semuanya sudah tersedia, kita tinggal memanfaatkannya. Jadi apa susahnya menjadi murabbi ?

 

TUGAS MURABBI

“Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rosul diantara mereka, yang membacakan ayat-ayat Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (QS Aljumuah : 2 )

Layaknya peran Nabi Muhammad S.A.W sebagai Rasul Allah, murabbi-pun memiliki peran yang tak jauh berbeda yakni :

  1. Membacakan ayat-ayat Allah S.W.T

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: