Oleh: Helmi | 31 Mei 2014

Rahasia Cara Memulai Blog dan Membuatnya Sukses

rahasia cara sukses blog-mohhelmi.wordpress.com

Rahasia Cara Sukses Blog-mohhelmi.wordpress.com

Ada banyak blog yang terbit dan tenggelam. Sebagian besar justru hanya berumur kurang dari sebulan. Semangat di awal tapi tak tahu bagaimana melanjutkannya. Pertanyaan besar bagi setiap pemula adalah anda mau kemana? Banyak guru di dunia online yang siap mengajari anda apa saja. Tapi mereka hanyalah orang2 yang akan menunjukkan anda jalan. Sementara tujuan jalan itu haruslah dimulai dari anda sendiri.

Salah satu tujuan orang ke mohhelmi.wordpress.com  misalnya adalah mereka ingin belajar soal bisnis online. Di luar sana, bisnis online dianggap seperti arisan berantai. Sehingga ketika ada yang kesasar ke mohhelmi.wordpress.com, pertanyaannyapun gak jauh2 dari seputar arisan berantai dan money game. Saya tegaskan kembali bahwa mohhelmi.wordpress.com adalah tempat belajar, jika anda Tanya gimana cara kerja nya, jawabnya dengan membaca dan praktekkan materi di dalamnya.

Berikut adalah tips memulai blog dan cara membuatnya menjadi sukses. Apa saja itu?

1. Pilih Topik yang Anda Sukai

Banyak blogger blog pertamanya berfokus pada hal yang tidak mereka sukai. Karena mereka percaya bahwa itu akan memberi mereka banyak uang. Ini adalah SALAH BESAR.

Anda butuh menyukai topic blog yang ingin difokuskan. Jika anda meluncurkan blog tentang sesuatu yang anda tidak peduli padanya, anda akan kehilangan minat dengan sangat cepat dan akhirnya berhenti mengupdatenya. Ini akan terjadi jika anda menulis mayoritas isi blog anda.

Pikirkan sebuah website dan blog yang anda baca sepekan ini. Ini akan memberi anda indikasi topic yang anda fokuskan. Sebagai contoh saya suka baca tentang toko online, cara mendapatkan uang dari bisinis online, cara investasi di properti. Saya suka baca-baca berita tentang itu. Jika saya lalu memaksakan diri membangun blog tentang cara mengatasi kegemukan misalnya, saya akan segera kehilangan ketertarikan pada blog yang saya buat sendiri meski saya tahu topik2 itu banyak dicari orang.

Singkatnya : Follow your passion

2. Pikirkan Model Bisnis Jangka Panjang Anda

Setelah mendapatkan ide topik blog yang akan kita buat, jangan langsung beli domain, install wordpress dan meluncurkan blog anda. Pikirkan hal-hal ini terlebih dahulu:

  1. Siapa kompetitor anda?
  2. Bagaimana kompetitor anda menghasilkan uang?
  3. Bagaimana blog anda menghasilkan uang?
  4. Berapa lama dibutuhkan agar blog menghasilkan?
  5. Apa yang membuat blog anda berbeda?
  6. Masalah apa yang anda bayangkan setelah launching?

Pikirkan masalah-masalah ini sebelum anda melaunching blog.

3. Pilih Domain Yang Keren

Menemukan nama domain bisa sangat melelahkan, tapi bagaimanapun juga ini adalah bagian dari branding blog anda. COM adalah extension domain terbaik, tapi jika anda menemukan domain yang menggunakan extension lain, tak ada salahnya dipakai juga. Apalagi saat ini sudah banyak domain dengan extension panjang misalnya: mohhelmi.guru, mohhelmi.gallery, mohhelmi.photo, , dll.

Setelah mendapatkan domain yang bagus, segera daftarkan domain anda. Bisa melalui Godaddy, namecheap, atau penyedia hosting lokal.

4. Memilih Hosting

Selanjutnya adalah memilih hosting. Saya sendiri menggunakan hosting di hostgator. Disamping karena CS-nya cukup banyak dan masalah cepat selesai, masalah keamanan juga sangat diperhatikan di sini. Backup rutin juga mereka sediakan meski kita juga perlu melakukan backup personal.

5. Gunakan Desain yang Profesional

Cobalah lihat desain blog2 yang ramai dikunjungi. Biasanya mereka terlihat bersih dan lega. Memang ada beberapa yg nampak ruwet dengan begitu banyak iklan di kanan, kiri atas bawah bahkan iklan yg nongol di depan mata kita. Tapi biasanya ini situs2 berita yang orang butuh info baru tiap hari bahkan tiap detiknya. Sementara untuk blog2 dengan konten statis yang isinya tetap dibutuhkan sepanjang tahun biasanya terlihat lega dengan sedikit iklan.

Pemula biasanya malah fokus ke iklan ini. Belum apa-apa blognya sudah dipasangin berjejer banner dari bisnis2 yang dia ikuti. Kecuali kita sudah punya banyak pengunjung, sebaiknya banner2 itu disembunyikan dulu apalagi kalau gak nyambung dengan isi blog kita.

6. Percepat load blog

Ada banyak cara mempercepat loading blog. Salah satunya dengan memasang plugin cache, penyimpanan gambar2 di browser user menggunakan htaccess, mengoptimalkan penggunakan gambar, dll. Penggunakan plugin yang minimal juga cukup membantu mempercepat proses loading blog.

7. Search Engine Optimization

Blog harus mudah diakses oleh robot search engine. Setiap artikelnya dapat langsung terdeteksi. Penggunakan plugin2 SEO sangat membantu dalam hal ini.

8. Kuasai Topik

Setelah punya blog, anda perlu mengisinya 2-3 kali seminggu. Untuk itu, anda perlu update info tentang topic yang anda tulis. Bisa dengan berlangganan artikel di blog2 favorit, membaca2 buku seputar topik itu, dll. Makanya di awal tadi saya katakan, penting sekali membuat blog sesuai minat karena kita juga akan cenderung ingin tahu apa hal baru yang terjadi pada topik yang kita bahas.

9. Tulis Konten

Tahun 1996, Bill Gates mempublikasikan artikel yang sangat terkenal “Content is King”. Dia percaya bahwa seperti televisi, uang besar ada pada konten.

Blog hidup dan mati karena konten. Jika anda ingin membangun blog yang sukses, anda harus fokus pada konten yang berkualitas. Itulah sebabnya ketertarikan anda pada bidang yang anda sukai akan sangat membantu membangun konten yang berkualitas.

10. Rutin dalam mempublikasikan Artikel

Anda tahu pedagang bakso keliling, meski di jalan itu tidak ada yang beli hari ini, besok dia akan lewat lagi, lewat lagi dan lewat lagi. Ritunitas ini penting sehingga calon pembeli ketika butuh tahu kemana dia akan beli bakso. Tapi jika tidak konsisten dan tidak rutin, pengunjung akan kebingungan apakah hari ini tukang bakso lewat atau tidak ?. Sehingga karena butuh kepastian, dia memilih keluar komplek dan beli di warung.

Artikel yang rutin membicarakan topik tertentu juga cukup bagus di mata search engine. Apalagi jika kunjungan kita berasal dari email subscriber. Ini akan lebih menekankan lagi bahwa tulisan anda menarik minat manusia sungguhan.

Masih ada langkah ke 11 – 20 lagi. Biar sama-sama belajar, silahkan langsung baca di sumbernya: http://www.elegantthemes.com/blog/tips-tricks/how-to-start-a-blog-and-make-it-successful


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: