Oleh: Helmi | 31 Mei 2014

Rahasia Cara Ampuh Menaikkan Nilai dan Penghasilan Properti

cara ampuh menaikkan nilai properti

Cara Ampuh Menaikkan Nilai Properti

Sebagai seseorang Investor Properti yang mengajarkan PropertyCASHMachine System, saya seringkali mendapatkan pertanyaan yang isinya seperti ini :

“Kalo kita beli properti pakai pinjaman, terus gimana bayar angsurannya? Kan properti itu hasilnya kecil, kalo kita sewakan paling  cuma 3-4% pertahun, mana bisa nutupin biaya pinjaman yang diatas 10%?”

Apakah Anda salah satu orang yang pernah atau punya pemikiran semacam itu? Jika Anda katakan YA, maka silakan Anda lanjutkan baca dan temukan idenya bagaimana agar properti Anda bisa menghasilkan income yang besar dan lebih tinggi dari angsurannya di tulisan ini.

Tetapi saya ingin menjelaskan jawabannya lewat sebuah cerita pengalaman liburan saya. Tahun lalu, saat saya bersama keluarga liburan ke Bangkok, kami menginap Lebua of State Tower, salah satu hotel terbaik di Bangkok, yang pernah jadi tempat shooting salah satu film Hollywood terkenal berjudul “Hang Over”.

Nah singkat cerita di malam terakhir kami menginap di hotel itu, kami memesan meja terbaik untuk dinner di Sirocco, salah satu restoran outdoor tertinggi di dunia yang  ada di puncak hotel tersebut dengan pemandangan spektakuler seperti yang tampak di foto berikut ini :

Rest Sirocco View

Tentunya dengan lokasi yang berada di salah satu lantai tertinggi, lantai 63 dari hotel itu, kami bisa benar benar menikmati pemandangan malam kota Bangkok dan sungai Chao Praya yang sangat spektakuler, sambil menikmati candle light dinner dengan diiringi live music yang lembut.

Rest Sirocco View-1

Karena saya selalu menghindari minuman beralkohol, jadi saat itu saya memesan mineral water sebagai minuman saya. Dan itu adalah salah satu mineral water termahal yg pernah saya minum  karena harga mineral water itu sebotolnya kalau di kurskan ke rupiah, jadi  seharga Rp 100.000!

Ya betul Rp 100.000 hanya untuk sebotol air mineral :) Padahal mineral water dengan warna air, rasa dan manfaat yang sama, pada umumnya bisa didapatkan dengan mudah di minimarket atau convenience store yang banyak bertebaran di Bangkok dengan harga setara  5000 rupiah saja.

Biasanya dalam situasi apapun, saya selalu bertanya pada diri saya, apa ya, yang bisa dipelajari untuk saya terapkan dalam investasi properti ataupun bisnis dari pengalaman di situasi ini? Dan pertanyaan selanjutnya, kenapa mineral water di restauran itu bisa di jual dengan harga 20x lipat dari air mineral pada umumnya dan orang masih mau beli ???

Jawabannya adalah NILAI TAMBAH. Apa nilai tambah air tersebut? Tentunya pertama dari kemasan dan merknya, kemudian selanjutnya dari pelayanan, lokasi dan suasana tempat air mineral itu dijual.

Nah, demikian juga dengan properti atau bisnis kita, kalau kita ingin properti kita hasilkan penghasilan yang besar, yang lebih tinggi daripada rata rata hasil sewa properti pada umumnya, maka pikirkan apa yang bisa menjadi nilai tambah di properti Anda?

Lokasi, pelayanan, fasiltas lebih dan suasana bagaimana yang perlu Anda sediakan di properti yang Anda miliki? Apakah perlu memberikan fasilitas fasilitas tambahan, sehingga properti Anda bisa hasilkan sampai 15%, 20%, bahkan lebih lagi?

Bagaimana caranya?

Tentu Anda harus buat sesuatu yang berbeda dari properti lain pada umumnya. Caranya terserah Anda, yang penting saya kasih ide besarnya, bahwa untuk mendapatkan hasil yang lebih besar dari hasil rata rata pada umumnya adalah mungkin, sangat mungkin sekali.

Salah satu contoh yang sangat mudah dilakukan misalnya sebuah rumah kost dengan harga sewa kamar yang biasanya hanya Rp. 1 juta per bulan. Setelah di beri fasilitas tambahan berupa, AC,TV kabel, Internet, kulkas mini, pelayanan membersihkan kamar setiap hari, dan servis 24 jam, maka status rumah kost ini meningkat dan bisa dipasarkan sebagai guest house, yang harga sewa kamarnya menjadi Rp. 200 ribu per hari.

Kalau terisi hanya 20 hari saja dalam sebulan, maka total penghasilan dari kamar tersebut menjadi Rp. 6 juta per bulannya, meningkat drastis 600 % dari yang tadinya hanya Rp. 1 juta saja perbulannya.  Luar biasa bukan kenaikan penghasilan yang didapat dengan melakukan beberapa perubahan?

Intinya adalah berikan NILAI TAMBAH untuk properti Anda, sehingga Anda bisa dapat hasil berbeda, yang lebih tinggi daripada rata rata properti lain pada umumnya. Itulah satu satu tips untuk menjadi Property Investor yang Cerdas.

Selamat mempraktekkan!

Salam Sukses Berkelimpahan,

Joe Hartanto


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: