Oleh: Helmi | 31 Mei 2014

7 Tips Penting Investasi Properti

7 tips investasi properti-mohhelmi.wordpress.com

7 Tips Investasi Properti-mohhelmi.wordpress.com

Para sahabat sekalian, dalam sebuah perjalanan bisnis saya baru baru ini, di penerbangan yang cukup panjang, sepanjang perjalanan saya berbincang bincang banyak hal dengan seorang anak muda yang duduk di samping saya.

Ketika pembicaraan berlanjut lebih dalam dan anak muda ini mengetahui bahwa saya adalah seorang investor properti, sekaligus juga mengajar cara cara berinvestasi properti, langsung saja anak muda ini meminta tips tips untuk berinvestasi properti di negaranya.

Nah jika saya bersedia membagikan tips tips pada seorang teman di perjalanan, apalagi pada Anda yang yang merupakan para sahabat setia pembaca blog di JoeHartanto.com :)

Apa saja tips yang saya berikan pada anak muda itu?

Silakan Anda simak dan pelajari 7 tips penting berinvestasi di properti yang saya bagikan dibawah ini :

 

1. Tujuan yang jelas

 

Hal yang mungkin sudah sering Anda dengar, tapi apakah sudah punya dan Anda ingat selalu di benak kepala Anda? Jika belum, langkah pertama, miliki tujuan yang jelas dan terukur. Apa sih yang Anda inginkan terjadi dalam hidup Anda 5 tahun dari sekarang?

Apakah Anda ingin hidup Anda tetap seperti sekarang? Atau Anda ingin hidup Anda menjadi jauh lebih baik dari saat ini?

Jika Anda pilih jawaban yang kedua, yaitu kehidupan yang jauh lebih baik dari saat ini, maka sebenarnya Anda sudah memiliki sebuah tujuan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik.

Tetapi memiliki sebuah tujuan mulia seperti itu saja tidaklah cukup. Anda sebaiknya bisa menggambarkan dengan tepat dan sejelas-jelasnya kehidupan yang Anda inginkan 5 tahun dari sekarang seperti rumah seperti apa yang Anda tinggali bersama keluarga tercinta saat itu?

Mobil seperti apa yang Anda kendarai bersama keluarga saat itu? Perjalanan seperti apa yang Anda alami bersama keluarga Anda? Pekerjaan atau profesi apa yang Anda jalani saat itu? Berapa penghasilan bersih Anda saat itu? Teman teman dan lingkungan seperti apa yang ada di sekitar Anda saat itu? Kehidupan seperti apa tepatnya yang Anda sedang jalani saat itu?  Kondisi kesehatan seperti apa yang anda miliki saat itu? Dan lain sebagainya.

Intinya adalah semakin Anda jelas  mengetahui tujuan Anda di masa yang akan datang, maka semakin baik dan semakin mudah terwujudlah tujuan tersebut dalam hidup Anda.

Nah jika Anda sudah memiliki tujuan yang jelas atas hidup Anda 5 tahun dari sekarang, hubungkan itu dengan strategi Anda berinvestasi properti. Sejauh mana strategi investasi properti yang Anda terapkan bisa membantu mempercepat tercapainya tujuan hidup yang Anda impikan? 

 

2. Ikuti sistem yang sudah terbukti.

 

Para investor yang sukses selalu memiliki dan mengikuti sistem yang sudah terbukti berhasil. Hal ini berguna untuk menghindari dari pengambilan keputusan investasi yang terlalu emosional dan untuk memastikan mereka tidak tergoda untuk melakukan spekulasi.

Jika anda menginginkan keuntungan yg konsisten dan bisa meminimalisir resiko, maka ikuti dan jalankan sistem investasi yang sudah terbukti, (salah satu sistem yang sudah teruji dan terbukti adalah seperti PropertyCashMachine sistem tentunya).

 

3. Ambil keputusan investasi berdasarkan kenyataan lapangan.

 

Jangan pernah ambil sebuah keputusan investasi jangka panjang berdasarkan emosi sesaat. Investor yang cerdas, dalam mengambil keputusan investasinya, selalu berdasarkan kenyataan lapangan, hasil survey dan riset yang jelas,  serta membeli properti dibawah nilai yang sesungguhnya (nilai intrinsiknya), dan tentunya di sebuah daerah yang secara jangka panjang masih punya potensi untuk berkembang.

 

4. Dengarkan nasihat dari orang yang tepat.

 

Sebagian orang diluar sana, telah banyak kehilangan kesempatan untuk mewujudkan kebebasan keuangannya karena membuat keputusan bisnis atau investasi yang malah merugikan, karena didasarkan pada nasihat yang “menyesatkan” dari para penjual, broker atau agen (sales people), yang sebenarnya mereka sendiri belum bebas secara keuangan.

Hal ini bisa terjadi, baik di dunia properti maupun di dunia saham, ataupun sarana bisnis dan investasi lainnya. Seperti yang selalu Robert T Kiyosaki katakan, “Do not decide your strategy on what  sales people or to what broker tell you, because they are broken than us

Jangan pernah mengambil keputusan dalam strategi investasi Anda berdasarkan hanya omongan atau janji janji surga dari para sales / broker, sebab tidak seharusnya Anda mendengarkan nasihat investasi dari orang yang kondisi keuangannya tidaklah lebih baik dari Anda.

Jangan mudah percaya dengan nasihat para sales people / broker, yang mereka sendiri tidak/belum melakukan investasi di bidang properti.

Jadi carilah orang yang tepat, carilah nasihat dari para investor yang memang benar benar terbukti  sudah berhasil mempraktekkan apa diajarkannya.

 

5. Terapkan strategi yang berlaku di segala situasi.

 

Seperti halnya hukum alam,  ada saatnya naik, ada ada saatnya datar, ada saatnya turun, dalam hal ekonomi ada masa pasar boom….ada masa pasar stagnan, ada masa pasar sepi. Beberapa tahun terakhir ini, seperti kita ketahui bersama, saat ini disebut masa masa boom properti di Indonesia…tapi situasi ini tidak mungkin berlangsung selamanya, akan tiba saatnya pasar kembali tenang, stagnan, tanpa gejolak, atau ada juga saatnya pasar lesu bukan.

Sementara itu, masalahnya kita tidak akan pernah tahu pasti, kapan tepatnya perubahan situasi itu datang. Maka jika Anda ingin mulai berinvestasi properti, terapkan strategi yang berlaku di segala situasi pasar, baik saat pasar boom, pasar stagnan ataupun saat pasar sedang sepi.

Jika saat ini strategi yang Anda pakai hanya bisa diterapkan saat pasar sedang boom saja, artinya Anda sedang bertaruh dalam 3 situasi pasar dan hanya punya kesempatan menang 1/3 saja, maka nasihat yang saya bisa berikan adalah : siap siaplah saja untuk hadapi situasi yang 2/3 lagi…..yang Anda sendiripun tidak tahu kapan tibanya bagian yang 2/3 itu….

 

6. Kesabaran adalah modal utama.

 

Get Rich Quick = Get Poor Quick…..Saya banyak sekali menemukan kasus orang yang cepat sekali kaya, dan kemudian juga bangkrut dalam waktu cepat, seperti teman teman kita yang mendapat hadiah lotere, atau dapat pesangon ratusan juta bahkan milyaran rupiah, statistik membuktikan bahwa biasanya mereka hanya bisa mempertahankan uangnya dalam waktu kurang dari 1 tahun.

Akhir akhir ini diluaran sana semakin gencar promosi dari program dengan skema cara instant menjadi kaya. Sedangkan Investasi  seperti properti adalah investasi jangka panjang, dan sementara itu banyak tipe orang yang bermental ingin kaya mendadak,  yang inginkan keuntungan yang instant, maka biasanya tipe orang seperti inilah seringkali terpengaruh dengan skema skema cara instant menjadi kaya, dan akhirnya menjadi “korban” atau “memilih secara sukarela untuk jadi “korban” program program instant semacam itu.

Lihatlah semua investor sukses seperti Warren Buffet, Robert Kiyosaki, Lo Kheng Hong (Warren Buffet Indonesia) dan masih banyak lagi, mereka semua memiliki kesabaran.

Kesabaran adalah modal utama dalam berinvestasi apapun.

 

7. Lakukan secara terus menerus!   

 

Saat Anda sudah temukan dan berhasil jalankan dengan mudahnya sebuah sistim dan strategi yang sesuai dengan tujuan Anda, maka lakukan sistim tersebut berulang ulang secara persisten atau terus menerus.

Kuncinya adalah, begitu Anda temukan dan kuasai polanya, langkah selanjutnya tinggal ulangi lagi, lagi, lagi, lagi, lagi, lagi, lagi dan lagiiiiiiii seterusnya demikian tinggal Anda ulangi terus saja.

Seperti halnya yang selama ini saya lakukan dengan sistim PropertyCASHMachine. Tetapi orang pada umumnya cenderung cepat menjadi bosan dan mencari cari cara atau bidang lain yang diharapkan bisa lebih cepat. Dan biasanya yang terjadi adalah karena selalu mencoba hal yang baru, bergonta ganti strategi, akibatnya mereka tidak pernah menguasai dengan baik sebuah sistim dan malahan membuang buang waktu, tenaga dan materi untuk mencoba dan melakukan hal hal yang tidak dikuasainya.

Itulah 7 tips yang beberapa waktu lalu saya sharingkan dengan anak muda teman seperjalanan saya, dan saat ini untuk Anda semua.

Saat Anda ingin mendapatkan pendalaman, bimbingan intensif dan mentoring tentang bagaimana menerapkan Sistem PropertyCASHMachine di Indonesia saat ini selama 2 hari penuh, Anda bisa membaca informasinya di halaman ini.

Bagaimana menurut Anda, apakah 7 tips ini bermanfaat? Jika Anda ingin saya menulis lebih banyak tentang tips-tips seperti ini, Anda bisa menuliskan komentar Anda di bawah ini.

Salam Sukses Berkelimpahan,

Joe Hartanto


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: