Oleh: Helmi | 18 Desember 2013

Bisnis Online mempermudah jalan Menjadi Kaya

kaya dari bisnis online

Kaya dari Bisnis Online

Jalanan semakin padat dan macet, jasa ekspedisi (pengiriman barang) semakin banyak dan semakin menawarkan harga pengiriman yang murah. Mencari produk tidaklah harus berpusing lagi di jalanan atau harus buka buku yellow pages yang kurang informatif. Masyarakat cenderung gunakan mesin pencari di internet semisal Google untuk cari barang. Hal tersebut adalah stimulus, pemicu orang untuk sediakan informasi di internet alias lakukan bisnis online.

Mari kita simak fakta-fakta yang berkaitan dengan penduduk internet (netizen) dibawah ini :

  • 82 juta internet users Indonesia pada tahun 2013. Prediksi untuk tahun 2014 adalah 107 juta internet users. Tahun 2015: 139 juta users. (Statistik dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia)
  • 2,4 milyar internet users dunia. (Statistik Internetworldstats.com)
  • 51 juta facebook users Indonesia dan peringkat 4 dunia di tahun 2012. (Statistik Wikipedia)
  • 835 juta facebook users dunia di tahun 2012. (Statistik Internetworldstats.com)
  • 29 juta twitter users Indonesia dan peringkat 5 dunia di tahun 2012. Total pengguna twitter dunia adalah 517 juta users. (Statistik Semiocast)

Masihkah Anda sinis, sangsi atas potensi pasar di dunia internet ?. Padahal resiko bisnis online sangatlah kecil, bahkan mempunyai banyak keuntungan. Diantaranya :

  • Tidak terikat waktu & tempat, 24 jam online nonstop.
  • Pangsa pasar yang luas, seluruh dunia dan bisa menjangkau banyak orang.
  • Akses pengelolaan bisnis mudah, gunakan laptop, tablet atau smartphone.
  • Volume informasi/isi produk bisnis lebih banyak.
  • Modal & Biaya operasional yang relatif kecil.

Nah sekarang adalah mengkonversi hal tersebut diatas menjadi omzet (uang hasil bisnis). Bagaimana cara nya agar bisnis kita populer dan mendatangkan omzet berlipat-lipat?.

Jawabannya adalah segera buatlah website dan lakukan internet marketing. Sedangkan website sendiri terdiri dari domain name, web hosting dan program website. Membuat website itu mudah. Anda bisa manfaatkan program website CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal, Opencart atau CMS toko online lainnya.

Apa keuntungan berbisnis bila Anda mempunyai website ?

1. Tidak terikat waktu & tempat, 24 jam online nonstop.

Website Anda akan online 24 jam, tidak perlu tutup, tidak perlu ada shift pagi, sore dan malam. Anda lakukan bisnis dimana saja yang penting ada koneksi internet. Model bisnis seperti ini bisa melakukan respon dengan cepat kepada pelanggan. Bayangkan jika harus ada ruko ? Bakal memikirkan jam kerja, memikirkan biaya keamanan, buka tutup ruko.

2. Pangsa pasar yang luas, seluruh dunia dan bisa menjangkau banyak orang.

Website Anda dengan penggunaan internet marketing yang hebat akan berpotensi menyebar di seluruh dunia. Target pasar diseluruh dunia akan berada dalam genggaman Anda. Bayangkan jika menggunakan ruko? Bisnis Anda hanya terkenal di daerah tertentu saja. Jika ingin melebarkan pasar, maka harus buka cabang lagi ditempat lain, sewa ruko lagi.

3. Akses pengelolaan bisnis mudah, gunakan laptop, tablet atau smartphone.

Cukup menggunakan laptop/komputer sebagai alat kerja Anda. Dibantu dengan tablet atau smartphone untuk kebutuhan mobile, Anda bisa merespon pelanggan, memutuskan sebuah deal bisnis dan menyapa kolega, serta masih banyak lagi. Bagaimana dengan ruko ? Anda perlu memikirkan kabel LAN, memikirkan printer, fax, komputer server, dll.

4. Volume informasi/isi produk bisnis lebih banyak.

Anda bisa tampilkan ribuan produk Anda dalam sebuah website. Berikan deskripsi berlembar-lembar pada pada sebuah produk. Bandingkan dengan ruko ? Berapa meter persegikah luas ruko itu? Mungkin hanya tampung puluhan produk saja. Sisanya di gudang lain. Atau bandingkan dengan keberadaan brosur/CD interaktif/flash disk, dll ?. Tentunya sangat terbatas.

5. Modal & Biaya operasional yang relatif kecil.

Dengan website, modal Anda hanyalah membeli domain name (dot com) dan web hosting saja yang nilainya tidak sampai sejuta. Membuat website bisa dipelajari dengan mudah. Banyak buku-buku yang mengajarkan cara membuat website. Program Content Management System atau online shopping banyak bertebaran di internet yang siap untuk diinstal. Bandingkan dengan nilai investasi ruko ?

6. Website adalah investasi.

Dengan biaya renewal domain name (dot com) dan web hosting nya yang terjangkau, maka bisa diperpanjang selama bertahun-tahun. Sebuah website dengan perlakuan internet marketing yang hebat akan menjadi terkenal dan banyak pengunjungnya dari tahun ke tahun. Misal website sudah mencapai 5 tahun, biaya renewal domain name dan web hosting nya tidak sampai 5 juta. Tentunya website Anda akan bernilai tinggi. Coba pikir berapa nilai website semisal tokobagus.com saat ini ? atau baliorange.net deh, yang sudah menginjak 10 tahun usianya. Bakal bernilai miliaran rupiah.

Trus kalau ruko ? Itu sewa. Kalau di Denpasar harga rata-rata sewa ruko adalah 40 juta/tahun lantas di tahun ke 3 atau 5 harga sewanya apa tetap 40 juta ? Tentu tidak. Harga sewa ruko bakal terkoreksi oleh harga tanah yang tidak pernah ada kata turun :)

(boc)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: