Oleh: Helmi | 27 Februari 2013

Ternyata BBM Bisa Transfer Uang

bbm money

BBM Money

BlackBerry Messenger alias BBM sekarang tak cuma jadi medium untuk chatting antar sesama pengguna BlackBerry saja, namun juga sudah bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan uang dan isi ulang pulsa.

Layanan yang diberi nama BBM Money ini merupakan hasil kerja sama antara BlackBerry dan Bank Permata yang aplikasinya dikembangkan oleh PT AGIT Monitise Indonesia, sebuah perusahaan patungan antara Monitise Asia Pasifik dan Astra Graphia Information Technology.

Aplikasi yang bisa didownload secara gratis di BlackBerry World ini merupakan pilot project percontohan komersial pertama untuk urusan transfer uang via aplikasi mobile BlackBerry.

“Indonesia merupakan negara pertama di dunia. Nantinya BBM Money ini akan dikembangkan juga ke negara lain,” kata Eka Anwar, Direktur Marketing BlackBerry Indonesia, usai peluncuran di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Eka menjelaskan, dengan fitur BBM Money ini pelanggan dapat membuat dan mengakses rekening mobile dari smartphone BlackBerry mereka dan melakukan pembayaran langsung secara real time ke kontak BBM mereka yang juga telah mendaftar ke layanan yang sama.

“Pelanggan juga dapat membeli pulsa isi ulang telepon seluler dan mentransfer uang ke rekening bank. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah mengisi uang ke dalam rekening mobile mereka dari rekening bank apa pun di Indonesia,” jelasnya.

Bank Permata juga akan mengeluarkan rekening mobile dengan akun virtual dan memproses transaksi keuangan. Layanan ini dilindungi oleh langkah-langkah keamanan dengan standar keamanan yang baik termasuk kode akses, enkripsi, pemantauan dan batas seperti yang dipersyaratkan oleh Bank Permata di bawah ketentuan Bank Indonesia.

David Fletcher, Direktur Utama Bank Permata mengatakan, layanan BBM Money ini merupakan jawaban terhadap pertumbuhan nasabah dan kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan yang mudah dan nyaman dengan menggunakan smartphone.

“Ini sejalan dengan visi kami untuk menjadi pelopor dalam memberikan solusi keuangan yang inovatif dan juga mencerminkan dukungan kami terhadap kebijakan BI terkait cashless society di Indonesia,” ujarnya.

Lauren Sulistiawati, Direktur Retail Banking Bank Permata menambahkan, BBM Money merupakan inovasi baru dimana transaksi perbankan dapat dilakukan semudah chatting di BBM dan pengguna tidak perlu membuka rekening bank atau rekening Bank Permata untuk dapat mengakses aplikasi ini.
“Kami sangat senang mengembangkan solusi ini untuk BlackBerry yang banyak digunakan di Indonesia dan masih menjadi smartphone yang sangat popular di negara ini yang memungkinkan jutaan pelanggan Blackberry di Indonesia lebih leluasa dalam melakukan transaksinya,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, aspek penting lain dari BBM Money adalah adanya kepercayaan penuh dan keyakinan dalam aspek keamanan layanannya.

Melalui proses pendaftaran sederhana yang ada di dalam aplikasi, pelanggan BBM dapat membuat sebuah akun BBM Money dengan Bank Permata dan dapat mulai mengisi uang tunai ke dalam akun tersebut melalui salah satu dari 70.000 ATM di Indonesia.

Setelah datang ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan untuk melakukan pemeriksaan identitas, pelanggan dapat dengan aman melakukan pembayaran ke kontak BBM mereka yang sama-sama memiliki layanan BBM Money dan mentransfer uang ke rekening bank lain dengan menggunakan aplikasi ini.

Pelanggan juga dapat membayar airtime seluler atau mengisi ulang pulsa kartu prabayar keluarga atau teman-teman mereka. Fitur lainnya adalah para pelanggan yang aktif membeli atau menjual melalui BBM dapat melakukan pembayaran dengan segera dan aman.

Maksimal sekali transfer uang di BBM Money mencapai Rp 5 juta. Sementara dalam jangka waktu sebulan batas maksimalnya adalah Rp 20 juta.

“Saat ini perdagangan melalui grup BBM tengah marak di Indonesia. Ini menunjukkan betapa BBM sangat populer di negeri ini,” tandas Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia.

sumber : detik.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: