Oleh: Helmi | 16 Juni 2011

Microsoft Office Web Apps

Office Web AppsMembuat Surat tanpa Install Office | Cloud Computing | Web Applications
Microsoft makin ketat bersaing dengan Google dengan resminya dikeluarkan produk Office Web Apps. Office Web Apps sendiri adalah aplikasi editor dokumen dan penyimpanan secara online (sama seperti Google Docs). Pada produk mereka kali ini Microsoft menyediakan fasilitas seperti Ms Word, Ms Excel, Ms PowerPoint dan juga OneNote yang dapat diakses, dibuat dan diedit secara online dan tentunya gratis. Dengan dimunculkannya produk berbasis cloud computing ini tentunya eksistensi dari Google Docs mulai terganggu (be aware Google!!). Kemudian juga pastinya, aplikasi desktop sejenis Microsoft Office lainnya seperti OpenOffice yang notabene gratis alias opensource harus waspada dengan kedatangan si Office Web Apps ini. Klik link ini untuk akses dari Indonesia http://office.live.com/?docsf=1 .

Aplikasi gratisan ini dapat diakses dengan menggunakan Windows Live Account dan juga sudah terintegrasi dengan produk Microsoft lainnya yaitu SkyDrive Platform. Dengan terintegrasinya aplikasi ini dengan Windows Live pastinya pengguna juga dapat menikmati fiitur dari Windows Live itu sendiri. Untuk saat ini setiap pengguna diberikan jatah sebesar 25GB untuk menyimpan dokumen mereka secara online.

Setelah saya coba-cobi fitur-fiturnya berikut adalah intisari dari fitur-fitur yang menurut saya menarik dari si Office Web Apps ini

Office Web Apps dapat melakukan upload dokumen dari Microsoft Office anda, yang kemudian dapat di share ke pengguna lain dan dikerjakan secara kolaboratif (biasanya pakai OneNote). Kalau kita belum punya file yang mau di upload, kita bisa buat dokumen baru langsung di browser masing-masing.

Edit dokumen

Pada Office Web Apps ini, tentunya kita juga bisa melakukan editing dokumen kita sendiri ataupun dokumen orang lain (dengan izin editing dari yang punya dokumen tersebut). Kemudian Microsoft juga tidak lupa menambahkan fitur untuk memberikan notifikasi siapa saja yang sudah melihat dokumen anda atau melakukan editing pada dokumen tersebut atupun mendownloadnya.

Work together in real time

Fitur ini memungkinkan kita mengundang rekan kerja kita untuk mengerjakan dokumen atau melakukan editting secara bersamaan di satu waktu yang sama tetapi tidak ditempat yang sama. Menariknya tidak ada sistem locked out pada fitur yang ditawarkan Microsoft ini.

Mobile View

Jika anda mengakses Office Web apps dari smartphone anda, anda sudah bisa melihat file Word anda dan juga file PowerPoint anda. walaupun belum bisa melakukan editing. Saya rasa fitur ini cukup berguna bagi para pekerja yang mobile, apalagi yang suka ketingalan dokumen, karena walaupun tidak bisa diedit, anda masih bisa melakukan download dari smartphone anda.

Selain fitur fitur diatas masih banyak lagi fitur yang disuguhkan, saya sendiri belum sempat mencoba semuanya. tapi ada beberapa fitur menarik yang saya coba seperti fitur messenger yang dapat kita akses saat kita sedang mengerjakan sebuah dokumen, jadi tidak perlu repot gonta-ganti window, cukup membuka satu halaman web browser saja. Kemudian ada juga fitur version history, sehingga kita bisa melakukan trackback dokumen kita jika terjadi kesalahan atau lainnya. Satu lagi mereka juga menyuguhkan fitur pencarian dokumen yang dikerjakan orang lain, jadi ketika kita butuh referensi bisa sekalian dicari.

Nampaknya persaingan makin memanas, kita lihat saja perkembangan selanjutnya, apakah Office Web Apps bisa menggusur Google Docs dan OpenOffice ? pendapat anda ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: